iklan

Bunda, Ini Dia Resep Brownies Tempe Sederhana Enak Gurih

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Bunda, Ini Dia Resep Brownies Tempe Sederhana Enak Gurih




Siapa yang tidak menyukai brownies? Dengan wangi cokelatnya yang khas, siapapun akan tergoda untuk mencobanya.  Brownies sebenarnya bukanlah kue tradisional Indonesia. Ada begitu banyak cerita yang ditulis orang seputar asal mula terjadinya brownies. Menurut salah satu versinya, brownies adalah hasil inovasi seorang koki dari Hotel Palmer House, Amerika, saat diminta menyajikan makanan penutup untuk para tamu wanita yang menghadiri sebuah pameran di Chicago. Versi lain menyebutkan bahwa brownies terjadi karena seorang koki lupa memasukkan baking powder dalam adonan kue cokelat buatannya, sehingga hasilnya bantat.

Kini brownies telah menjadi semakin populer. Jika pada resep awalnya brownies hanya menggunakan bahan gula, telur, mentega, tepung, cokelat yang dilelehkan, dan kacang almond, sekarang kombinasi bahannya telah menjadi semakin bervariasi. Ada yang menambahkan pisang, keju, ubi ungu, labu kuning, kentang, kacang mede, dan sebagainya, sehingga membuat varian rasa brownies pun menjadi semakin kaya. Belum lagi aneka topping yang sekarang banyak digunakan. Selain di panggang, brownies juga ada yang dikukus, sehingga rasanya lebih moist dan lembut. Meskipun menjadi agak mirip cake cokelat, namun di Indonesia jenis brownies ini sangat disukai, baik sebagai oleh-oleh, maupun untuk dinikmati saat bersantai bersama keluarga.

Resep brownies kali ini adalah jenis brownies yang dikukus. Brownies kukus ini sangat unik karena menggunakan bahan tambahan tempe. Tidak disangka bukan bahwa tempe juga enak dibuat brownies? Dengan ditambah tempe, brownies menjadi semakin kaya dengan protein dan vitamin, sehingga tentunya juga menjadi lebih menyehatkan. Cara membuatnya juga tidak sulit. Apakah Anda mulai penasaran? Mari langsung dilihat saja resep selengkapnya:


Bahan-bahan brownies tempe:
  •     Tempe sebanyak 300 g,  kukus
  •     Dark Cooking Chocolate (DCC) sebanyak 100 g, lelehkan hingga mencair dengan cara ditim
  •     Tepung terigu sebanyak 100 g
  •     Mentega sebanyak 150 g, lelehkan hingga cair
  •     Telur sebanyak 3 butir
  •     Gula pasir sebanyak 150 g
  •     Baking powder sebanyak 1/2 sdt (gunakan baking powder yang double acting bila perlu)
Cara membuat brownies tempe
  1.     Ayak tepung terigu bersama dengan baking powder.
  2.     Siapkan sebuah loyang brownies, olesi dengan mentega, lalu beri kertas roti dan olesi kembali dengan mentega.
  3.     Ambil telur dan gula pasir, lalu kocok sampai mengembang
  4.     Setelah mengembang, masukkan tempe kukus dan terigu yang sudah diayak dengan baking powder tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk balik hingga rata.
  5.     Selanjutnya, masukkan juga dark chocolate yang sudah dicairkan dan mentega cair sedikit demi sedikit sambil diaduk kembali hingga rata.
  6.     Siapkan kukusan, beri air yang cukup dan masak hingga airnya mendidih.
  7.     Tuang adonan brownies ke dalam loyang, goyang dan hentakkan sedikit dasar loyang ke permukaan meja supaya permukaan adonan rata dan tidak ada gelembung udara di tengah adonan.
  8.     Masukkan adonan brownies ke dalam kukusan lalu tutup dan masak hingga matang.
  9.     Untuk mengetes kematangannya, tusukkan sebuah tusuk gigi. Jika keluarnya bersih berarti sudah matang.
  10.     Setelah matang, keluarkan brownies tempe dari kukusan dan dari loyangnya. Dinginkan di rak kawat lalu hias sesuai dengan selera.
  11.     Brownies tempe siap disajikan.
Tips memasak brownies kukus tempe supaya tampilannya cantik:
  1.     Sebelum dijadikan brownies, tempe dikukus dulu hingga matang, lalu dalam keadaan panas langsung dihaluskan menggunakan ulekan atau garpu. Selanjutnya tunggu dingin, maka tempe siap dimasak brownies.
  2.     Sebelum mengukus brownies, panaskan dulu kukusannya hingga beruap banyak, namun begitu brownies akan dimasukkan, apinya diatur sedang saja. Bila brownies dikukus dengan api terlalu besar biasanya hasilnya nanti permukaannya akan bergelombang dan kurang cantik dilihat.
  3.     Supaya brownies mengembang bagus, sebaiknya tutup kukusan jangan dibuka-buka sampai brownies mengembang dan matang.
  4.     Jangan lupa menutupi tutup kukusan dengan serbet yang lebar sehingga uap airnya tidak menetes ke dalam brownies.
Sekian informasi kali ini semoga bisa bermanfaat dan memberi arahan bagaimana cara bikin brownies tempe.



Sumber:resepmasakanalarumahan
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Bunda, Ini Dia Resep Brownies Tempe Sederhana Enak Gurih"

Posting Komentar